Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Adiankoting, Tapanuli Utara

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Adiankoting, Tapanuli Utara


Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Adiankoting, Tapanuli Utara - Meski makin banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Adiankoting, Tapanuli Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi dalam blog Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Mesin Coffee Maker Di Adiankoting, Tapanuli Utara, moga-moga ada gunanya.

0 comments