Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon



Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua telah paham keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam website Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Mesin Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments