Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Pembuat Kopi di Tukdana, Indramayu

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Pembuat Kopi di Tukdana, Indramayu



Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Pembuat Kopi di Tukdana, Indramayu - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Pembuat Kopi di Tukdana, Indramayu


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel dalam website Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Pembuat Kopi di Tukdana, Indramayu, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments