Macam Kopi Gayo – Jual Pembuat Kopi di Jemaja Timur, Kepulauan Anambas

Macam Kopi Gayo – Jual Pembuat Kopi di Jemaja Timur, Kepulauan Anambas


Macam Kopi Gayo – Jual Pembuat Kopi di Jemaja Timur, Kepulauan Anambas - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah paham keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Gayo – Jual Pembuat Kopi di Jemaja Timur, Kepulauan Anambas


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan di website Macam Kopi Gayo – Jual Pembuat Kopi di Jemaja Timur, Kepulauan Anambas, moga-moga berpengaruh.

0 comments