Tips Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggung, Sumedang

Tips Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggung, Sumedang


Tips Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggung, Sumedang - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggung, Sumedang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan di website Tips Membuat Kopi Ala Barista – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggung, Sumedang, semoga berguna.

0 comments