Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Way Seputih, Lampung Tengah

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Way Seputih, Lampung Tengah



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Way Seputih, Lampung Tengah - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua telah paham kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Way Seputih, Lampung Tengah


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di halaman Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Penjual Mesin Coffee Maker Di Way Seputih, Lampung Tengah, semoga bermanfaat.

0 comments