Manfaat Kopi Hijau – Jual Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah

Manfaat Kopi Hijau – Jual Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah


Manfaat Kopi Hijau – Jual Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah paham keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Jual Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan di halaman Manfaat Kopi Hijau – Jual Pembuat Kopi Di Limpasu, Hulu Sungai Tengah, mudah-mudahan bermakna.

0 comments