Manfaat Kopi Robusta Untuk Diabetes – Jual Pembuat Kopi Di Cawas, Klaten

Manfaat Kopi Robusta Untuk Diabetes – Jual Pembuat Kopi Di Cawas, Klaten


Manfaat Kopi Robusta Untuk Diabetes – Jual Pembuat Kopi Di Cawas, Klaten - Biar kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Untuk Diabetes – Jual Pembuat Kopi Di Cawas, Klaten


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling kentara adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di halaman Manfaat Kopi Robusta Untuk Diabetes – Jual Pembuat Kopi Di Cawas, Klaten, semoga ada manfaatnya.

0 comments