Membuat Kopi Hitam – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Somolo-molo, Nias

Membuat Kopi Hitam – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Somolo-molo, Nias


Membuat Kopi Hitam – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Somolo-molo, Nias - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Somolo-molo, Nias


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi di website Membuat Kopi Hitam – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Somolo-molo, Nias, mudah-mudahan berguna.

0 comments