Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Kapasan

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Kapasan



Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Kapasan - Biar kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah tahu keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Kapasan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi dalam website Manfaat Tanaman Kopi Robusta – Online Shop Pembuat Kopi di Kapasan, semoga berpengaruh.

0 comments