Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tanjung Harapan, Paser

Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tanjung Harapan, Paser


Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tanjung Harapan, Paser - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tanjung Harapan, Paser


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca informasi di halaman Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Online Mesin Coffee Maker di Tanjung Harapan, Paser, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments