Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Yahukimo

Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Yahukimo


Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Yahukimo - Biar kian banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Yahukimo


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di web Membuat Kopi Kapal Api – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Yahukimo, semoga berguna.

0 comments