Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Mesin Coffee Maker Di Bunguran Barat, Natuna

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Mesin Coffee Maker Di Bunguran Barat, Natuna


Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Mesin Coffee Maker Di Bunguran Barat, Natuna - Meski kian banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Mesin Coffee Maker Di Bunguran Barat, Natuna


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling jelas ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam website Cara Membuat Kopi Tubruk Yang Benar – Toko Mesin Coffee Maker Di Bunguran Barat, Natuna, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments