Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Penjual Pembuat Kopi di Danau Kerinci, Kerinci

Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Penjual Pembuat Kopi di Danau Kerinci, Kerinci


Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Penjual Pembuat Kopi di Danau Kerinci, Kerinci - Biar semakin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Penjual Pembuat Kopi di Danau Kerinci, Kerinci


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam website Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Penjual Pembuat Kopi di Danau Kerinci, Kerinci, mudah-mudahan berguna.

0 comments