Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Parittiga, Bangka Barat

Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Parittiga, Bangka Barat


Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Parittiga, Bangka Barat - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua telah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Parittiga, Bangka Barat


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling kentara yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di blog Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Parittiga, Bangka Barat, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments