Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Mesin Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan

Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Mesin Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan



Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Mesin Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Mesin Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun ciri khas paling kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam halaman Cara Membuat Kopi Enak Ala Cafe – Jual Mesin Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan, semoga bermakna.

0 comments