Membuat Kopi Enak Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Talang Padang, Empat Lawang

Membuat Kopi Enak Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Talang Padang, Empat Lawang


Membuat Kopi Enak Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Talang Padang, Empat Lawang - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Enak Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Talang Padang, Empat Lawang


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi dalam blog Membuat Kopi Enak Sendiri – Online Shop Coffee Maker di Talang Padang, Empat Lawang, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments