Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Online Pembuat Kopi di Gubug, Grobogan

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Online Pembuat Kopi di Gubug, Grobogan


Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Online Pembuat Kopi di Gubug, Grobogan - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah mengerti kekhasan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Online Pembuat Kopi di Gubug, Grobogan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi informasi di blog Cara Meracik Kopi Ala Barista – Toko Online Pembuat Kopi di Gubug, Grobogan, moga-moga ada gunanya.

0 comments