Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Depati Tujuh, Kerinci

Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Depati Tujuh, Kerinci



Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Depati Tujuh, Kerinci - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Depati Tujuh, Kerinci


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi dalam blog Meracik Kopi Susu – Penjual Coffee Maker di Depati Tujuh, Kerinci, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments