Jenis Klon Kopi Robusta – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Mandrehe Utara, Nias Barat

Jenis Klon Kopi Robusta – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Mandrehe Utara, Nias Barat



Jenis Klon Kopi Robusta – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Mandrehe Utara, Nias Barat - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah tahu karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Mandrehe Utara, Nias Barat


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di web Jenis Klon Kopi Robusta – Jual Mesin Pembuat Kopi Di Mandrehe Utara, Nias Barat, semoga bermanfaat.

0 comments