Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Krayan, Nunukan

Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Krayan, Nunukan



Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Krayan, Nunukan - Biar makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Krayan, Nunukan


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam website Manfaat Kopi Hijau Alana – Toko Coffee Maker di Krayan, Nunukan, semoga berguna.

0 comments