Jenis Klon Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Tiga Binanga, Karo

Jenis Klon Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Tiga Binanga, Karo



Jenis Klon Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Tiga Binanga, Karo - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Tiga Binanga, Karo


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di halaman Jenis Klon Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Tiga Binanga, Karo, semoga ada manfaatnya.

0 comments