Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Coffee Maker di Tambakromo, Pati

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Coffee Maker di Tambakromo, Pati



Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Coffee Maker di Tambakromo, Pati - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua telah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Coffee Maker di Tambakromo, Pati


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam website Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Coffee Maker di Tambakromo, Pati, semoga ada manfaatnya.

0 comments