Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Mesin Coffee Maker di Pemayung, Batanghari

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Mesin Coffee Maker di Pemayung, Batanghari


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Mesin Coffee Maker di Pemayung, Batanghari - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengerti keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Mesin Coffee Maker di Pemayung, Batanghari


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di blog Jenis Kopi Arabika Terbaik – Kios Mesin Coffee Maker di Pemayung, Batanghari, semoga berguna.

0 comments