Jenis Kopi Gayo Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Suak Midai, Natuna

Jenis Kopi Gayo Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Suak Midai, Natuna


Jenis Kopi Gayo Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Suak Midai, Natuna - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Gayo Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Suak Midai, Natuna


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel dalam blog Jenis Kopi Gayo Aceh – Toko Online Pembuat Kopi Di Suak Midai, Natuna, semoga ada gunanya.

0 comments