Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Mesin Coffee Maker di Lubuk Sikaping

Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Mesin Coffee Maker di Lubuk Sikaping



Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Mesin Coffee Maker di Lubuk Sikaping - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Mesin Coffee Maker di Lubuk Sikaping


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di blog Manfaat Kopi Pak Belalang – Toko Mesin Coffee Maker di Lubuk Sikaping, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments