Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Marpoyan Damai, Pekanbaru

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Marpoyan Damai, Pekanbaru


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Marpoyan Damai, Pekanbaru - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengerti keunikan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Marpoyan Damai, Pekanbaru


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di halaman Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Online Mesin Coffee Maker Di Marpoyan Damai, Pekanbaru, semoga bermakna.

0 comments