Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Karang Tinggi, Bengkulu Tengah

Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Karang Tinggi, Bengkulu Tengah



Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Karang Tinggi, Bengkulu Tengah - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah paham karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Karang Tinggi, Bengkulu Tengah


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah di halaman Membuat Kopi Vietnam Drip – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Karang Tinggi, Bengkulu Tengah, semoga ada gunanya.

0 comments