Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Pesawaran

Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Pesawaran



Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Pesawaran - Meski makin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Pesawaran


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam halaman Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Pesawaran, moga-moga ada gunanya.

0 comments