Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Simpang Empat, Tanah Bumbu

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Simpang Empat, Tanah Bumbu



Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Simpang Empat, Tanah Bumbu - Biar semakin ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Simpang Empat, Tanah Bumbu


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling eksplisit yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi di blog Jenis Kopi Selain Arabika Dan Robusta – Toko Online Mesin Coffee Maker di Simpang Empat, Tanah Bumbu, semoga ada manfaatnya.

0 comments