Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungai Pinyuh

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungai Pinyuh



Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungai Pinyuh - Kendati makin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungai Pinyuh


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun keunikan paling eksplisit ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di blog Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Online Shop Mesin Coffee Maker di Sungai Pinyuh, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments