Meracik Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Benowo

Meracik Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Benowo


Meracik Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Benowo - Meski semakin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Benowo


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun keunikan paling jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam blog Meracik Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi Di Benowo, semoga berguna.

0 comments