Khasiat Kopi Badang – Toko Online Pembuat Kopi di Blang Kejeren

Khasiat Kopi Badang – Toko Online Pembuat Kopi di Blang Kejeren



Khasiat Kopi Badang – Toko Online Pembuat Kopi di Blang Kejeren - Kendati kian banyak pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Badang – Toko Online Pembuat Kopi di Blang Kejeren


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di website Khasiat Kopi Badang – Toko Online Pembuat Kopi di Blang Kejeren, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments