Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Panyabungan Utara, Mandailing Natal

Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Panyabungan Utara, Mandailing Natal


Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Panyabungan Utara, Mandailing Natal - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Panyabungan Utara, Mandailing Natal


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel di website Macam Rasa Kopi Gayo – Penjual Mesin Coffee Maker Di Panyabungan Utara, Mandailing Natal, mudah-mudahan berguna.

0 comments