Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Pembuat Kopi di Kebakkramat, Karanganyar

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Pembuat Kopi di Kebakkramat, Karanganyar


Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Pembuat Kopi di Kebakkramat, Karanganyar - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Pembuat Kopi di Kebakkramat, Karanganyar


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di halaman Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Pembuat Kopi di Kebakkramat, Karanganyar, mudah-mudahan berguna.

0 comments