Macam Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Bangkinang Barat, Kampar

Macam Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Bangkinang Barat, Kampar


Macam Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Bangkinang Barat, Kampar - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah tahu keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Bangkinang Barat, Kampar


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi artikel dalam web Macam Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Bangkinang Barat, Kampar, semoga berguna.

0 comments