Khasiat Kopi Hitam Bagi Wanita – Kios Pembuat Kopi Di Tawangsari, Sukoharjo

Khasiat Kopi Hitam Bagi Wanita – Kios Pembuat Kopi Di Tawangsari, Sukoharjo



Khasiat Kopi Hitam Bagi Wanita – Kios Pembuat Kopi Di Tawangsari, Sukoharjo - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua pernah mengerti ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Bagi Wanita – Kios Pembuat Kopi Di Tawangsari, Sukoharjo


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam website Khasiat Kopi Hitam Bagi Wanita – Kios Pembuat Kopi Di Tawangsari, Sukoharjo, semoga ada gunanya.

0 comments