Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggis, Depok

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggis, Depok


Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggis, Depok - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggis, Depok


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yakni peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam website Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Online Shop Pembuat Kopi di Cimanggis, Depok, mudah-mudahan bermakna.

0 comments