Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Loa Janan Ilir, Samarinda

Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Loa Janan Ilir, Samarinda



Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Loa Janan Ilir, Samarinda - Kendati makin ramai pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Loa Janan Ilir, Samarinda


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yaitu peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah dalam website Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker di Loa Janan Ilir, Samarinda, mudah-mudahan berguna.

0 comments