Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Coffee Maker Di Galang, Batam

Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Coffee Maker Di Galang, Batam


Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Coffee Maker Di Galang, Batam - Biar makin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Coffee Maker Di Galang, Batam


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah dalam web Membuat Kopi Dengan French Press – Toko Mesin Coffee Maker Di Galang, Batam, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments