Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Pagentan, Banjarnegara

Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Pagentan, Banjarnegara



Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Pagentan, Banjarnegara - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Pagentan, Banjarnegara


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas paling menonjol ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di blog Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Pagentan, Banjarnegara, semoga bermakna.

0 comments