Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Arjawinangun, Cirebon

Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Arjawinangun, Cirebon



Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Arjawinangun, Cirebon - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Arjawinangun, Cirebon


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi dalam blog Membuat Kopi Yang Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Arjawinangun, Cirebon, moga-moga ada gunanya.

0 comments