Teknik Membuat Kopi Tubruk – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Enggano, Bengkulu Utara

Teknik Membuat Kopi Tubruk – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Enggano, Bengkulu Utara



Teknik Membuat Kopi Tubruk – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Enggano, Bengkulu Utara - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Teknik Membuat Kopi Tubruk – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Enggano, Bengkulu Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi di blog Teknik Membuat Kopi Tubruk – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Enggano, Bengkulu Utara, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments