Meracik Kopi Susu – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Telaga Antang, Kotawaringin Timur

Meracik Kopi Susu – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Telaga Antang, Kotawaringin Timur



Meracik Kopi Susu – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Telaga Antang, Kotawaringin Timur - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Susu – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Telaga Antang, Kotawaringin Timur


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam halaman Meracik Kopi Susu – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Telaga Antang, Kotawaringin Timur, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments