Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Sungai Raya, Aceh Timur

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Sungai Raya, Aceh Timur


Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Sungai Raya, Aceh Timur - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Sungai Raya, Aceh Timur


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan di halaman Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Sungai Raya, Aceh Timur, mudah-mudahan bermakna.

0 comments