Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah paham keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam website Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman, semoga ada gunanya.

0 comments