Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Rantepao

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Rantepao


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Rantepao - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Rantepao


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam web Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Rantepao, mudah-mudahan bermakna.

0 comments