Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sumedang Selatan, Sumedang

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sumedang Selatan, Sumedang


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sumedang Selatan, Sumedang - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sumedang Selatan, Sumedang


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di web Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sumedang Selatan, Sumedang, semoga bermakna.

0 comments