Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Coffee Maker Di Rembang, Pasuruan

Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Coffee Maker Di Rembang, Pasuruan


Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Coffee Maker Di Rembang, Pasuruan - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua pernah paham ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Coffee Maker Di Rembang, Pasuruan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di website Khasiat Kopi Jantan Tradisional – Kios Coffee Maker Di Rembang, Pasuruan, semoga ada manfaatnya.

0 comments