Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker Di Dadahup, Kapuas

Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker Di Dadahup, Kapuas


Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker Di Dadahup, Kapuas - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua pernah paham kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker Di Dadahup, Kapuas


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel di web Jenis Kopi Robusta Unggul – Kios Coffee Maker Di Dadahup, Kapuas, semoga bermakna.

0 comments